Minggu, 05 Juli 2020

6 Karakter Sistem Pendidikan demi Capai Profil Pelajar Pancasila



Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyampaikan upayanya mengubah karakter sistem pendidikan Indonesia ke depan, termasuk pendidikan di perguruan tinggi.

Ada 6 karakter yang akan ia tanamkan untuk mencetak pelajar Indonesia masa depan. Karakter tersebut harus bisa mencetak profil pelajar Pancasila.

"Benang merah adalah suatu visi kampus masa depan kita, dan visi itu berdasarkan satu prinsip atau objektif mencetak profil pelajar Pancasila. Itu adalah objektif dari sistem pendidikan kita ke depan yang punya 6 karakter. Pertama, beriman, bertakwa, berakhlak dan berintegritas," kata Nadiem dalam diskusi daring, Sabtu (4/7).

Kedua, ia berharap agar para pelajar memiliki rasa kebhinekaan yang global, cinta keberagaman, dan rasa nasionalisme karena cinta akan keberagaman yang ada di Indonesia. Ketiga, Nadiem menargetkan, para pelajar memiliki kemandirian, memiliki kemampuan bekerja dan belajar secara independen. Artinya, pelajar diharap memiliki motivasi untuk mencari ilmu sendiri.

"Keempat gotong royong, ini kompetensi terpenting di masa depan dunia kerja kita. Memiliki kemampuan komunikasi secara tim dan efektif," imbuh Nadiem.

Kelima, Nadiem berharap agar pelajar bisa memiliki pemikiran yang kritis yang berguna untuk pemecahan masalah, mempertanyakan fakta, dan menggunakan logika.

"Dan tentu saja kuantitatif," kata Nadiem.

Terakhir, Nadiem mencanangkan agar para pelajar memiliki kreativitas. Artinya, pelajar mampu melihat sesuatu yang sebelumnya tidak ada jadi ada atau memiliki kemampuan dalam berkarya.

"Semua strategi dan program ini akan mengarah ke suatu visi ke depan kampus kita seperti apa, agar semua kebijakan terlihat, kenapa akan melahirkan seperti apa. Tidak perlu menunggu 10 tahun, harapan saya 5 tahun ke depan terjadi," tutup Nadiem.

0 comments:

Posting Komentar