Kamis, 07 Mei 2020

7 Aplikasi Untuk Membuat Soal Tes atau Ujian Online Gratis Terbaik


 
Aplikasi pembuat soal tes atau ujian online adalah perangkat lunak yang wajib dikuasai oleh guru dewasa ini. Dimana era digital seperti sekarang ini menuntut guru untuk lebih kreatif dalam menyajikan pembelajaran sehingga bisa memberikan pelajaran yang menantang keapda anak didiknya.

Salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh guru zaman sekarang adalah menguasai teknologi TIK untuk mendukung profesionalitasnya. Salah satu cabang TI yang harus dikuasi oleh guru adalah internet. Dimana dengan menggunakan internet, seorang guru bisa memberikan pembelajaran lebih baik, kreatif dan variatif (memiliki banyak sumber referensi). Dengan menggunakan internet, seoarng guru juga bisa melakukan tes secara online kepada para anak didinya.

Nah kemampuan dalam membuat soal tes atau ujian online harus benar-benar dikuasai oleh seorang guru. Maka, saat ini ada lembaga-lembaga yang mengadakan wordkshop, seminar dan pelatihan kepada guru-guru agar menguasai media internet untukk pembelajaran. Salah satunya dalah pelatihan membuat soal tes atau ujian online.

Cara membuat soal tes atau ujian online sebenarnya sangat mudah. Bagi mereka para guru keratif yang menguasai TI (meski sedikit) saya yakin bisa membuatnya sendiri (otodidak). Tapi tentu saja mengikuti sebuah seminar, workshop ataupun diklat sangat dianjurkan, karena sertifikat yang didapat dari seminar tersebut bisa untuk menambah angka kredit dan bermanfaat untuk kenaikan pangkat.

Di sini saya hanya ingin share beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat soal tes atau ujian online. Itung-itung untuk menambah pengetahuan para guru yang mungkin baru selesai mengikuti diklat. Ada 7 aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat soal tes atau ujian online.

Ketujuah aplikasi ini semuanya bersifat online, jadi anda tidak perlu menginstal di komputer atau laptop. Yang anda butuhkan hanya koneksi internet saja. Selain itu aplikasi hebat ini juga gratis. Anda tidak akan diminta bayaran dalam bentuk apapun.
 
1. Google Forms

Google form adalah salah satu layanan gratis dari google yang terintegrasi dalam google drive. Seperti kita tahu bahwa google drive secara populer memberikan layanan aplikasi office gratis seperti spreedsheet, word, presentation, dan yang penting bagi guru adalah google form. Google form ini bisa dimanfaatkan untuk membuat soal tes atau ujian online. Penggunaannya sangat mudah, hanya memerlukan beberapa langkah saja untuk membuat soal tes atau ujian online dengan google form.

2. Zoho Challenge

Sama dengan google drive, ini juga merupakan layanan penyimpanan online atau dikenal dengan istilah komputasi awan atau cloud drive. Zoho Challenge juga menyediakan fitur untuk membuat soal tes atau ujian online lebih powerful.

Selain tiper pertanyaan lebih lengkap sehingga banyak pilihan, Zoho Challenge juga bisa diisi dengan konten multimedia (gambar, suara, dan video). Pertanyaan juga bisa diimpor dari file soal-soal. Yang menarik, Zoho Challenge juga menyediakan fasilitas untuk membuat bank soal. Soal yang ditampilkan pada siswa disusun secara acak, baik soal maupun pilihannya. Analisis dari jawaban yang masuk juga lengkap dan bermakna.
Zoho Challange tersedia dalam versi gratis dan berbayar.

3. QuizStar

Aplikasi pembuat soal tes atau ujian online gratisan berikutnya adalah QuizStar, yaitu aplikasi berbasis web untuk membuat quiz, mengadministrasi dan otomatis membuat peringkat kuis-kuis anda secara online. Sama dengan zoho, QuizStar juga lebih powerful dengan kemampuannya mengatur kelas-kelas soal dan bisa melengkapi soal dengan konten multimedia.

4. ThatQuiz

ThatQuiz memberikan pilihan lain kepada anda para guru untuk membuat soal tes atau ujian online yang bisa dikerjakan oleh para siswa secara online di kelas-kelas yang terhubung ke internet. Berbagai soal bisa dibuat dengan berbagai tipe. Soal berbagap mata pelajaran dengan berbagi tipe soal (ganda atau esay) bisa dibuat denga mudah dengan menggunakan ThatQuiz. 

Layanan  ThatQuiz yang utama adalah soal test matematika (kategori integer, pecahan, konsep dan geometri). Selain itu bisa juga digunakan untuk membuat tes pelajaran lain (kosa kata, geografi, dan sains). Fasilitas yang disediakan oleh ThatQuiz mencakup membuat soal tes menjodohkan dan pilihan ganda, mengadministrasi tes, membuat- mengedit-menghapus kelas, membuat website kelas, import-delete-print tes. ThatQuiz juga menyediakan kemampuan download tes untuk perangkat iPad, Android, dan Windows.


Quaia menyediakan layanan agar kita bisa membuat sendiri game pendidikan, kuis, halaman web site untuk kelas, survey dan masih banyak lagi. Jelajahi juga  jutaan kegiatan dan kuis yang dibuat oleh pendidik dari seluruh dunia.
Apa yang bisa dikerjakan leh Quia Web? Membuat 16 tipe aktivitas belajar dengan mudah dan cepat. Tersedia 10 tipe kuis (pilihan ganda, benar/salah, isian singkat, uraian). Membuat kelas dan menganalisa hasil kuis. Jadwal dan kalender online. Upload gambar dan klip suara. Copy dan modifikasi jutaan aktifitas yang dapat disesuaikkan. Berbagi akivitas dengan siswa, teman, rekan kerja dan siapapun didunia.
Quia Web menyediakan akses gratis selama 30 hari. Untuk melanjutkan fasilitas ini, sekolah dikenakan biaya $49 pertahun. Sedangkan untuk perusahaan $199 pertahun per trainer.

7. QuizEgg

QuizEgg menggabungkan atara kecanggihan teknologi dan kesederhanaan. Hal inilah yang membuat para guru lebih mudah dalam menggunakan QuizEgg dalam membuat soal tes atau ujian online. Selain itu laporan dari hasil pengerjaan soal juga dsajikan secara laporan dan detail.

Nah itulah 7 aplikasi untuk membuat soal tes atau ujian online gratis terbaik untuk para guru yang professional. Untuk meningkatkan sebuah kompetensi tidak selamanya membutuhkan modal besar dan kemampuan tingkat tinggi. Hanya dengan aplikasi gratisan dan kemampuan mengetik saja, anda bisa manaikkan kompetensi anda dibanding guru-guru lainnya yang acuh terhadap teknologi.

0 comments:

Posting Komentar